Jumat, 26 Maret 2010

Deteksi Gempa dari Laptop

Deteksi Gempa dari Laptop
Submitted by metrogaya on Thu, 25/03/2010 - 16:34

Metrogaya - Sebagian besar orang menggunakan laptop mereka untuk bekerja dan browsing web, tapi kini Anda dapat menambahkan satu fungsi lagi pada laptop Anda yakni pendeteksi gempa.

Mulai dari guncangan ringan 4,4 pada skala Richter (SR) beberapa waktu lalu di Los Angeles hingga gempa 8,8 SR di Cile dapat dideteksi laptop Anda layaknya miniatur stasiun seismik. Fungsi itu merupakan bagian dari program Quake-Catcher Network yang dibuat oleh kelompok relawan.

Dengan memanfaatkan alat accelerometer yang terdapat dalam laptop-laptop keluaran terbaru, para peneliti di UC Riverside dan Universitas Stanford akan mengirimkan informasi dan data mengenai adanya gempa. Sejauh ini, sekitar 1.000 orang dari 61 negara telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan program tersebut.

Jika jaringannya dapat diperluas, program itu juga dapat digunakan sebagai sistem peringatan terhadap gempa dengan biaya rendah. "Program ini dapat menyediakan data tambahan yang dapat dikirimkan ke jaringan seismik," kata Elizabeth Cochran dari UC Riverside.

Program software Quake-Catcher dapat diunduh di Qcn.stanford.edu. Program nantinya ini secara otomatis akan berasa di latar belakang laptop dan aktif jika penggunanya idle (diam). Saat accelerometer mendeteksi adanya gempa, program secara otomastis mengirim data mengenai tipe dan intensitas guncangan melalui internet kepada para peneliti.

Namun, bila bicara masalah harga, program ini dapat dikatakan masih tergolong mahal. Harga sensor seismik antara US$5.000 dan US$10 ribu. Sensor pada laptop gratis, tapi desktop komputer dapat dikonversi dalam waktu kurang dari 10 menit dengan USB accelerometer seharga US$50. (hd/mediaindonesia.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar